manfaat jus

Jus…suatu hasil teknologi yang mengubah buah masak menjadi segelas, sekaleng, atau sekotak minuman siap saji. Tujuannya supaya praktis, instan, dan awet. Tetapi tentu ada yang hilang termakan oleh proses teknologi itu dan kita lupa, sesungguhnya masih bisa kita petik buah ranum matang pohon, lalu langsung mengunyahnya. Dari situ kita memperoleh seluruh isi buah tanpa ada bagian bermanfaat yang terbuang.

BENAR. Di negeri dari mana teknologi berasal, bebuahan dipanen jauh dari kota. Karena perjalanan ke kota jauh, buah disimpan dulu, diawetkan, dan kulitnya disemprot antihama. Baru setelah sekian hari, atau mungkin juga beberapa minggu kemudian, buah tiba di kulkas orang kota setelah beberapa lama mengendap di supermarket.

Bagi negara yang membeli buah impor, perjalanan buah sampai tiba di tangan konsumen tentu lebih lama. Bisa jadi dalam hitungan bulan. Hampir pasti buah impor yang kita telan sudah tinggal ampas saja. Mesin penyimpan buah dengan pendingin (cold storage) sudah menghilangkan sekian jenis vitamin yang kita harapkan menjadi salah satu manfaat utama mengapa kita perlu makan buah.

Negeri kita nan tropis menyimpan keanekaragaman bebuahan yang luar biasa banyak tak tertandingi. Pisang saja ada puluhan jenis, padahal orang Barat cuma kenal cavendis. Kita punya sawo, lebih sepuluh jenis mangga, manggis, nangka, rambutan, salak, duku, jambu biji, belimbing, tidak banyak negara tempat buah impor berasal, memilikinya. Bebuahan itu masih bisa kita petik di depan rumah, menunggunya sampai ranum betul, lalu langsung mengunyahnya. Apa untungnya?

Pada buah ranum matang pohon tertinggi kandungan vitamin A dan C. Buah juga berisi enzim, zat chlorophyl, selain fiber, dan mineral. Sebut saja mineral magnesium, selain kalium, dan calcium. Beberapa jenis buah tinggi kandungan protein, dan lemaknya, selain karbohidrat. Buah yang tinggi gula buah fruktosanya bisa menjadi sumber kalori.Vitamin dalam buah tak tergantikan oleh tablet vitamin terbaik sekalipun. Seperti halnya kalsium susu yang diserap utuh oleh usus kita, demikian halnya vitamin alami dari bebuahan yang juga diserap lebih baik oleh tubuh kita.

Buah ranum dapat saja kita memerasnya menjadi segelas juice segar, dengan catatan bila disaring dan ampas dibuang maka kita kehilangan serat fiber (jenis serat tak-larut-air) yang dikandungnya. Maka pilihan bijak mengonsumsi buah masih tetap kalau bukan langsung dimakan segar bukan dengan memerasnya, melainkan melumatkannya (blender), dengan tujuan serat buah yang bermanfaat itu tidak terbuang.

Kita tahu fiber banyak dalam bebuahan. Serat bermanfat untuk pencernaan, selain menghambat penyerapan gula dan lemak yang berlebihan dalam usus, sekaligus membendung cetusan kanker. Jenis serat dalam buah tergolong alami (unrefined diet).

Dalam hal memetik manfaat optimal buah tidak pula membiasakan membuang kulitnya. Selain serat, dalam kulit buah banyak tersimpan kandungan vitamin. Pada serabut-serabut isi buah jeruk, misalnya, terkandung vitamin P. Pada selaput isi buah salak juga kaya vitamin. Pendek kata jangan ada bagian buah yang dibuang, bila menginginkan seluruh manfaat buah mengisi penuh kebutuhan tubuh kita akan vitamin, mineral, enzim, chlorophyl. Kalau mau, bahkan biji buah pun bermanfaat. Biji anggur merah, misalnya, kaya kandungan antioxidant yang memberi efek penawar racun radikal bebas dalam tubuh.

Teknologi pula yang mengemas sebotol juice buah menjadi lebih aromatik, lebih memikat, menggiring kita memilihnya. Kita lupa, di balik kemasan itu mungkin ada gula buatan, pengawet, zat warna, atau boleh jadi sama sekali bukan asli buah, melainkan essence kimiawi rasa buah belaka. Lalu apa beda dengan sirop biasa?

Jadi bagi kita, juice sejati itu pohon jambu, belimbing, pepaya, pisang, atau pohon buah apa saja di depan rumah atau kampung sendiri. Tomat yang masih kaya carotene (bakal vitamin A) digantung pada kaleng tanaman hidroponik, bisa kita petik setiap saat kapan buah itu ranum di pohon. Begitu cara arif kita memanfaatkan buah.

Kelebihan lain buah lokal, tak ada residu zat kimiawi antihama tertinggal di kulit buah, seperti hampir pasti kita menelannya dari apel, anggur, pear atau buah impor lain yang dikirim dari negeri jauh, lalu kita menelannya dalam status yang sudah tidak segar lagi, dengan harga yang lebih tinggi pula.

Sekarang Anda tahu mana juice terindah bagi tubuh kita.

MANFAAT JUICE & TIPS MEMILIH BUAH

Juice Anggur
Manfaat :
1. Mecegah osteporosis
2. Melawan virus dan infeksi
3. Membantu mencegah kanker
4. Membantu fungsi ginjal
5. Menurunkan kolesterol

Tips Memilih Anggur : Pilih buah yang masih melekat pada gagangnya, terlihat segar,halusbulat,berdaging tebal tidak lengket dan berwarna cerah.

Juice Apel
Manfaat :
1. Mengendalikan dan mestabilkan berat badan
2. Membantu melawan proses penuan
3. Melawan radang sendi
4. Menurunkan kolesterol
5. Menurunkan tekanan darah
6. Meningkatkan HDL
7. Menstabilkan gula darah
8. Agen anti kanker
9. obat penyakit jantung

Tips memilih apel : Pilihlah apel yang keras, warnanya cerah dan segar dan tidak memar

Juice jambu biji
Manfaat :
1. Menurunkan kolesterol
2. Anti oksidan
3. Melawan virus

Tips memilih jambu biji : Pilih buah yang sudah matang, berdaging lunak, berdaging tebal

Juice nanas
Manfaat :
1. Membantu menghilangkan lemak
2. Menyembuhkan radang sendi
3. Menyembuhkan ISPA
4. Menghambat pertumbuhan sel tumor dalam jaringan

Tips memilih nanas : Hindari memilih nanas yang terlalu matang atau yang masih hijau. Daun nanas sebainya tidak kecoklatan, kering dan layu.

Juice jeruk
Manfaat :
1. Menyembuhkan sariawan
2. Menghilangkan batu empedu
3. Menurunkan kolesterol darah
4. Sebagai zat anti kanker

Tips memilih jeruk : Pilih jeruk yang keras,padat, berat, matang dan mempunyai jalinan serat kulit yang baik, Hindari buah jeruk yang riangan dan tidak padat karena kandungan airnya sedikit.

Juice papaya
Manfaat :
1. Membantu membuang lemak
2. Mengurangi panas tubuh
3. Zat anti kanker

Tips memilih papaya : Papaya matang memiliki kulit kehijauan yang diselingi warna kuning atau orange terang. Pilih papaya yang ukurannya besar tidak bonyok dan tidak terlalu keras jika ditekan.

Juice Pisang
Manfaat :
1. Menurunkan kolesterol darah
2. Menekan tekanan darah
3. Baik untuk darah dan jantung

Buncis
Manfaat :
1. Menurunkan resiko terserang kanker
2. Menstimulasi system kekebalan tubuh
3. Membantu pertumbuhan tubuh
4. Menetralkan gula darah

Tips memilih buncis : Pilih buncis yang masih muda dan segar.

Kembang kol
Manfaat :
1. Menurunkan resiko kanker prostate
2. baik bagi penderita diabetes karena membantu menurunkan kadar gula dalam darah
3. Membantu mengurangi kandungan lemak
4. Menurunkan kolesterol

Tips memilih kembang kol : Pilih kembang kol yang berwarna putih atau putih agak kream, dan daun sekelilingnya berwarna hijau, jika daun disekelilingnya layu menandakan kol tersebut sudah tidak segar.

Juice lemon
Manfaat :
1. Menyembuhkan dan meredakan influenza, malaria dan masuk angin
2. Bersifat anti bakteri
3. Baik untuk saraf dan jantung
4. Menurunkan tekanan darah tinggi
5. Memelihara kesehatan gigi dan tulang
6. Menyembuhkan sakit pada ginjal dan kerusakan kandung kemih

Tips memilih lemon : Lemon yang baik memiliki kulit kuning, tipis dan daging buahnya kuning pucat segar,. Lemon harus cukup keras dan terasa beratnya.

Tomat
Manfaat :
1. Menetralkan gula darah
2. Menurunkan resiko kanker prostate
3. Mencegah usus buntu
4. Membantu membuang lemak
5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tips memilih tomat : Tomat harus segar, bentuknya bulat penuh,
mengkilap bebas dari memar dan busuk. Berwarna merah cerah, Disarankan membeli
tomat yang masak secara alami tidak dikarbit. Cirinya warna merahnya merata dan cerah serta kematangan dagingnya merata, tomat yang agak lunak masih layak dipilih.

Wortel
Manfaat :
1. Membantu menjaga kesehatan mata
2. Mencegah kanker paru
3. Menurunkan kolesterol darah
4. Meningkatkan ketahan tubuh
5. Baik untuk radang sendi dan asam urat
6. Menetralkan gula darah

Tips memilih wortel : Pilih wortel yang keras, halus dan segar dan warnanya orange cerah. Jangan memilih wortel yang sudah lunak atau berkerut.

1 komentar:

  1. Jus anggur ternyata bisa meningkatkan fungsi ginjal, makasih infonya.

    BalasHapus